Inilah Penyebab Obesitas yang Harus Kamu Ketahui

Selamat datang dan selamat membaca, Pada artikel kemarin saya telah membahas tentang apa itu obesitas atau kegemukan. Untuk sekedar mengulang kembali apaitu obesitas saya akan sediit membahas tentang apa itu obesitas.

Obesitas atau kegemukan merupakan suatu kondisi dimana berat badan melebihi berat ideal. Kondisi ini ditandai dengan akumulasi lemak yang berlebihan pada tubuh, yang dapat di ukur menggunakan Indeks Masa Tubuh (IMT). Untuk menentukan Indeks Masa Tubuh (IMT) dan menentukan apakah kalian mengindap obesitas atau tidak, biasanya pengukuran ini didasarkan pada berat badan dan tinggi badan di mana berat badan (dengan satuan Kg) di bagi dengan tinggi badan yang dikuadratkan (M2). Untuk lebih lengkapnya kalian bisa baca kenali apa itu Obesitas dan bahayanya.

Contoh penderita obesitas
Ilustrasi seseorang penderita obesitas

Obesitas disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti, gaya hidup yang tidak sehat, pola makan, faktor genetik, faktor kesehatan, dan obat-obatan tertentu.

  • Gaya hidup yang tidak sehat

Faktor gaya hidup memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap terjadinya obesitas, bahkan bisa mencapai 90%. Lalu, gaya hidup yang seperti apakah yang disebut gaya hidup yang tidak sehat ? dalam hal ini, gaya hidup yang dimaksud adalah gaya hidup yang tidak sehat atau sedentary lifestyle (gaya hidup tanpa banyak gerak). Mengapa bisa demikian ? Karena, seperti yang telah kita ketahui bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan aktivitas fisik untuk membakar kelebihan energi yang ada. Oleh karena itu, apabila seseorang tidak aktif secara fisik maka kelebihan energi ini akan diubah menjadi lemak yang nantinya akan disimpan didalam sel-sel lemak. Itulah sebabnya mengapa orang yang kurang aktif akan lebih mudah mengalami obesitas dari pada orang yang lebih aktif.

  • Pola makan

Risiko obesitas akan bertambah jika Kalian hidup dengan pola makan yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang mengandung tingkat kalori yang tinggi seperti makanan cepat saji, dapat meningkatkan risiko obesitas. Begitu juga dengan kebiasaan makan yang berlebihan, apabila makanan itu mengandung banyak gula dan garam, juga bisa membuat seseorang tersebut mudah mengalami obesitas. Selain itu pula,kebiasaan makan sebelum tidur atau selalu ngemil juga meningkatkan risiko hingga dua kali lipat.

  • Faktor genetik

Apakah kalian percaya bahwa obesitas itu dapat diwariskan atau diturunkan kepada anak? Ya, fakta disekitar kita menunjukan bahwa seorang anak yang terlahir dari orang tua yang Subur bisa jadi terlahir dari orang tua yang subur. Walaupun demikian, perlu diketahui bahwa anggota keluarga kita tidak hanya berbagi gen, tetapi juga pola makanan dan gaya hidup, yang semuanya memberikan resiko terhadap risikonya terkena penyakit obesitas ini. Karenanya, lingkungan tempat seseorang juga mempunyai peran yang tidak kalah penting dalam menentukan seseorang mengalami obesitas atau tidak mengalami obesitas.

  • Faktor kesehatan

Obesitas juga bisa timbul akibat karena adanya gangguan kesehatan. Jadi, sebenarnya memang ada beberapa penyakit yang menyebabkan tubuh penderitanya mengalami obesitas. Penyakit-penyakit tersebut antara lain adalah penyakit hipotirodisme, sindroma cushing, sindroma prader willi, hipotiroid, menopause, dan kelainan saraf.

  • Obat-obatan tertentu


Selain Gaya hidup yang tidak sehat, Pola makan, Faktor genetik, dan Faktor kesehatan, ternyata obesitas juga dapat terjadi karena penderita mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Seperti, steroid dan obat-obatan antidepresi lainnya. Obat-obatan ini memang memiliki efek samping berupa penambahan berat badan bagi siapapun yang mengkonsi steroid dan obat-obatan antidepresi lainnya.

Lalu bagaimana cara menghindari atau mengobati obesitas? nanti esok akan saya bahas mengenai Terapi air putih bagi penderita obesitas. 

terimakasih telah membaca artikel saya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jika ada kesalahan atau ada yang kurang dimengerti tolong beritau saya melalui kolom komentar yang membangun di bawah artikel ini, saya ucapkan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Inilah Penyebab Obesitas yang Harus Kamu Ketahui"

  1. nice info gan, lanjutkan

    ReplyDelete
  2. akhir2 ni aku makan trus... gak mau obesitas.. :(

    ReplyDelete
  3. melebihi kegemukan sangat menggangu terutama pada ke pedean seseorang mas faktanya seperti sekarang banyak para wanita selalu ingin diet :)

    ReplyDelete
  4. mungkin kalo saya gara-gara banyak makan nih beratnya berlebih

    ReplyDelete