Kenali Obesitas Sebelum Kamu Menjadi Salah Satu Penderita Obesitas

Obesitas atau kegemukan merupakan suatu kondisi dimana berat badan melebihi berat ideal. Kondisi ini ditandai dengan akumulasi lemak yang berlebihan pada tubuh, yang dapat di ukur menggunakan Indeks Masa Tubuh (IMT). Untuk menentukan Indeks Masa Tubuh (IMT) dan menentukan apakah kalian mengindap obesitas atau tidak, biasanya pengukuran ini didasarkan pada berat badan dan tinggi badan di mana berat badan (dengan satuan Kg) di bagi dengan tinggi badan yang dikuadratkan (M2).

slogan obesitas
Contoh poster bahaya obesitas

Lalu berapakah berat ideal untuk kalian yang sudah dewasa?,  berat badan yang ideal untuk orang dewasa adalah antara 18.5 dan 24.9 dari hasilpenghitungan IMT. Jika IMT seorang dewasa lebih dari atau sama dengan 30.0, maka ia dinyatakan mengidap obesitas atau kegemukan. Walaupun demikian, tetapi lemak antara pria dan wanita itu berbeda. Pada wanita, lemak pada tubuh mereka lebih banyak dibandingkan dengan pria. Perbandingan  yang normal antara lemak tubuh pria dan wanita dengan berat badan adalah 25 – 30 % pada wanita dan 18 – 23 % pada pria. Karenanya, jika pada wanita ditemukan lebih dari 30% lemak pada tubuhnya maka dia dianggap mengalami obesitas. Sedangkan pada pria , jika didalam tubuhnya terdapat lebih dari 23% maka dia juga dianggap mengalami obesitas atau kegemukan.

Tingkat, Kategori atau jenis - jenis obesitas

Secara umum terdapat 3 kategori dalam obesitas atau kegemukan, yaitu obesitas ringan, obesitas sedang, dan obesitas berat. 

Obesitas ringan

Obesitas ringan adalah berat badan seseorang yang berada di antara 20 – 40 % lebih tinggi dari nilai tengah kisaran berat badannya. Maka, ia dinyatakan sedang mengalami gejala Obesitas Ringan.

obesitas sedang

Obesitas sedang adalah berat badan seseorang yang berada di antara 41 – 100% lebih tinggi dari nilai tengah kisaran berat badannya. Maka, ia dinyatakan sedang mengalami gejala Obesitas sedang.

Obesitas Berat

Obesitas berat atau sering disebut dengan Obesitas Morbid adalah orang yang memiliki berat badan diatas 100 % atau memiliki IMT diatas 40 atau lebih. Kasus Obesitas morbid ini jarang sekali di temukan, dengan persentase 5 % dari semua orang - orang gemuk. Namun demikian, jika di antara kalian termasuk dalam kategori Obesitas morbid, maka anda terancam akan mengalami berbagai macam gangguan pada jantung seperti penyakit jantung koroner ( PJK ) dan serangan jantung.

Selain penyakit jantung koroner ( PJK ) dan serangan jantung penderita Obesitas berat atau Obesitas Morbid juga terancam beberapa penyakit lainnya yang juga ditimbulkan akibat gejala Obesitas ini seperti osteoarthritis, gagal jantung, batu kandung empedu, dan batu kandung kemih, serta berbagai jenis penyakit kangker seperti ( Endometrium, Payudara, dan Usus Besar ).

Selain penyakit yang telah disebutkan tadi Orang yang dinyatakan menderita Penyakit Obesitas ini ada beberapa penyakit lain yang juga bisa menyerang penderita obesitas adalah Hipertensi,  masalah tidur apnea, yaitu kegagalan untuk bernafas secara normal ketika sedang tidur yang menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam darah dan pernapasan, serta sindro pickwickian, yaitu Obesitas disertai dengan wajah yang kemerah – merahan, underventilasi dan mudah mengantuk. Selain itu, para pengidap Obesitas juga beresiko terkena diabetes tipe 2 karena tubuhnya kurang sensitif terhadap insulin dan ini timbul pada masa dewasa. Stroke, dislipidemia, dan gout juga merupakan beberapa penyakit yang rentan menyerang penderita obesitas.

Obesitas disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat, pola makan, faktor genetik, faktor kesehatan, dan obat – obatan tertentu. Namun, penyebab – penyebab terjadinya seseorang mengidap penyakit obesitas akan saya bahas pada Artikel Penyebab Obesitas

terimakasih telah membaca artikel saya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jika ada kesalahan atau ada yang kurang dimengerti tolong beritau saya melalui kolom komentar yang membangun di bawah artikel ini, saya ucapkan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Obesitas Sebelum Kamu Menjadi Salah Satu Penderita Obesitas"

Post a Comment